Kamis, 10 Agustus 2017

(review) Reply 1988

Halohaa~
Setelah sekian lama jaraknya dari review sebelumnya, akhirnya gue lanjutin review kdrama yg udah dijanjiin sebelumnya. Yap kali ini sesuai di postingan sebelumnya, gue bakalan review kdrama REPLY 1988 (disingkat R88 aja ya:p). 

Oke! Drama ini menurut gue salah satu kdrama terdabest yg pernah gue tonton. Gue sempet ga bisa move on dari drama ini sekitar 2 mingguan (bentar atau lama?wkwk). Kenapa gue bilang paling terbaikkk? Karena jalan ceritanya beda banget dari kdrama2 yang udah pernah gue tonton sebelumnya. Buat temanya mungkin sih garis besarnya yang gue liat sih tentang keluarga-persahabatannya gitu sih. Pokoknya waktu nonton ini gue hampir tiap episodenya nangis cuyy, ada aja dah yg bisa ditangisin pokoknya. Buat info2nya kalian bisa liat disini https://en.wikipedia.org/wiki/Reply_1988. Atau bisa liat cast singkatnya dibawah ini. 



Nah jadi ini tuh ceritanya ada 5 keluarga dengan latar belakang berbeda-beda dan tiap hari ada aja kejadian anehnya (buat silsilahnya kalian bisa liat link diatas. Nah dari 5 keluarga ini anak-anak mereka pada sahabatan gitu, ada Duk Soen, Jung Hwan, Sun Woo, Taek, & Dong Ryong.

1. Ada keluarga Duk Seon, dia anak tengah (kedua) dari 3 bersaudara, punya kakak cewek Sung Bo ra, dan adik laki-laki yang masih SMA juga Sung No Eul. Bapak ibunya Sung Dong Il & Lee Il Hwa. Nah bisa dibilang keluarga mereka agak "gapunya" gitu deh diantara keluarga lainnya gitu.

2. Keluarga Jung Hwan, dia anak terkahir dari dua saudara, so dia punya kakak laki-laki Kim Jung Bong, kakaknya ini ceritanya tes univertas selalu gagal, motonya sih dia suka segala hal kecuali belajar. Bisa dibilang di R88, keluarga Jung Hwan itu paling berada dari seluruh keluarga yang tinggal di komplek itu gara-gara kakaknya menang undian gitu deh jd bisa kayak mendadak! Buat ada pesan moralnya loh! langsung aja nonton capcus. Nah jadi ceritanya di keluarga ini itu anaknya pada laki semua dong, nah bakalan dibuat apasih yang bakal terjadi kalo ada keluarga anaknya laki semua. Mungkin kalian ngalamin? atau akan mengalami?

3. Keluarga Sun Woo, nah ini bisa dibilang keluarga sederhana gitu deh, Sun Woo bisa dibilang anak yatim gitu lah, Bapaknya udah meninggal, jadi dia tinggal sama adiknya (Jin Joo sama ibunya). Diceritain ibunya tuh tiap masak tu ga enak tapi demen banget masak, sampe orang-orang di komplek itupun tau, dan pada bilang gini "cuma ibu Sun Woo yang bisa masak kari tidak enak" kurang lebih gitu deh wkwk. Kebayang gak sih gimana baktinya Sun Woo yang tiap hari makan masakan ibunya:') kalian ngalamin ga?
Btw ada scene yg gue inget lupa episode berapa, jadi ceritanya lagi musim ujian gitu, anak2 SMA disana pada pulang malem buat pelajaran tambahan sama bimbel. Nah pas pulang malem, si Sun Woo pulang, dia inget belum makan bekel sama ibunya (ceritanya dibawain bekel gitu) trus dia makan dulu dong biar ibunya gak sedih. Berbakti banget gak sih?:")

4. Keluarga Taek, nah Taek ini itu orang terkahir yang pindah di komple itu jadi deketnya ga dari kecil banget sama 4 sahabatnya lainnya. Taek ini cuma tinggal berdua sama Bapaknya, dia pindah setelah ibunya meninggal dunia. Taek ini pemain baduk profesional ceritanya sering banget ikut lomba di luar negeri jadi jarang bulang gitu deh. (atlet baduk gitu deh) so dia ga sekolah formal kayak temen-temennya, intensitas mainnya ga sesering ke 4 sahabat lainnya. Makanya kalo pas Taek pulang langsung pada nyerbu rumahnya deh. Taek ini yang paling polos deh diantara semuanya. Makanya Taek dibilang "harta paling berharga"

5. Yang terakhir keluarganya Dong Ryong, dia ga terlalu di eksplore banget sih soalnya ceritanya ibunya itu wanita karir, workaholic banget jadi jarang dirumah gitu deh makanya main mulu ni si Dong Ryong. Bapaknya guru di sekolahnya, ceritanya dia juga punya kakak gitu deh kalo ga salah cuma udh kerja/nikah juga gitu jadi ga disorot banget. kalo kata anak-anak lainnya Dong Ryong ini konsultan soalnya cerdas ngasih solusi gitu deh. Poor Dong Ryong~

(dari kiri ke kanan; Dong Ryong, Sun Woo, Duk Soen, Jung Hwan, Taek)
Drama ini juga cocok banget buat kamu yg baru mulai nonton kdrama. Alurnya bener-bener ringan banget, alurnya oke banget, ceritanya bener-bener kayak yang emang kita alamin di dunia nyata itu, ohiya satu lagi ini ceritanya berlatar belakang di tahun 1988 di korea yaa. (jadi mungkin beda sama tahun 88 di Indo wkwk). Jadi bener-bener jadul banget sih asli, belum kenal gadget mainnya bener-bener quality. Pesan moralnya dapet banget, dan mungkin ada yg dialamin sama keluarga kalian gitu saat ini? atau pernah ngalamin?.

Secara keseluruhan sih gue liatnya bagus banget:( bingung mau ngejelekin apaan. Jalan ceritanya bagus, dan yang terpenting sih setnya oke banget, bener-bener dibuat jadul tahun 88 ala korea gituuu dari mulai perumahannya, gaya orang-orangnya, properti lainnya juga bener2 total sih, mungkin bisa nonton sama orang tua mu juga lho. Btw, ini alurnya maju-mundur gitu yak, jadi ini tuh nanti ceritanya si Duk Soen dewasa nyeritain masa remajanya gituuu. Nah dari situ kalian main tebak-tebakan deh!!! Oh iya disini juga ada kisah percintaannya juga lho! Iya! diantara kelima sahabat itu ada yg friendzone gitu sihh, gue sih #TeamJungHwan. Hayo apa siapa coba yg kejebak friendzone? Nonton aja langsung capcuss~

ini dia keluarga Reply 1988
ini para orang tuanya



btw. Base camp mereka Rumah Taek

lho siapa neh?!

#TeamJunghwan
ini JinJoo adiknya Sun Woo. gemash sekali!


selalu bermain bersama-sama. apapun jenis permainannya
Ni dia niiii! #TeamJungHwan atau #TeamTaek ?

Diakhiri dengan spoiler foto Duk Seon-Jung Hwan dan Duk Seon-Taek, berakhir juga revie yang singkat, padat, ga jelas, dan berisi ini. Mudahan-mudahan memudahkan kalian dalam menonton! 

Terima kasih sudah membaca postingan ga jelas ini dan berkunjung di blog gue. Mohon maaf jika ada salah penulisan, gak konsisten atau sebagainnya. Nextnya sih pengen review skincare gitu skalian sharing aja gitu sih dan bukan promosi atau endorse yaa wkwkw. See you di postingan selanjutnya yang gatau terbit kapan wkwkwk~ Bhay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar